Selamat datang di Komunikasi Penyiaran Islam KPI C 2012

Minggu, 02 Juni 2013

ARTIKEL 1


Nikmatnya Beribadah Bersama Alam
Oleh : Abdi Maulana Arizali/ 1112051000022/ abdi_geraksuki@yahoo.com  / 085781777595/ artikel 1/ KPI 2C/ 2012
Mungkin jika kita sholat di rumah, atau mushollah, atau masjid itu sudah biasa. Kita sholat di tempat-tempat itu saja bisa merasakan nikmatnya mendekatkan diri kepada Allah SWT. Bahkan, berdasarkan pengalaman orang-orang yang pernah ke Masjidil Haram, mereka merasakan kenikmatan yang luar biasa. Mereka beribadah diantara ribuan umat islam dari seluruh dunia. Apakah hanya tempat itu saja yang bisa menciptakan kehusyuk’an dalam melaksanakan sholat? Berikut ini akan saya berikan contoh lain berdasarkan pengalaman saya sendiri.
Sholat ditengah hutan. Hal itu sangatlah tidak lazim dalam kehidupan sehari-hari. Namun saya mendapatkan pengalaman itu saat sedang melakukan pendakian gunung. Saat itu saya melaksanakan sholat maghrib. Saya melaksanakan sholat dalam kegelapan & kesunyian. Setiap ucapan dalam sholat yang saya ucapkan, terasa sangat dekat dengan Allah SWT. Yang terdengar hanya suara Imam, suara angin, suara serangga, suara dedaunan yang bergesekan. Hanya bersinarkan sisa-sisa cahaya matahari di belahan bumi yang lainnya. Setiap doa dan dzikir yang saya ucapkan terasa membuat saya merasa sangat aman karena merasa sangat dekat dengan lindungan Allah SWT.
Sejak saat itu, saya merasakan betapa nikmatnya melaksanakan ibadah bersama dengan alam. Saya merasa setiap unsur kehidupan yang ada disana ikut beribadah kepada Allah SWT. Beribadah dalam kegelapan, dalam kesunyian, membuat kita menyadari betapa kita tidak berdayanya jika kita hidup tanpa unsur kehidupan yang lain. Beribadah dengan alam, membuat saya semakin menyadari betapa kecilnya saya dibandingkan dengan alam semesta. Beribadah dengan alam membuat saya semakin menghormati alam. Beribadah dengan alam membuat saya intropeksi diri. Beribadah dengan alam membuat saya merasa semakin dekat dengan nikmat Allah SWT. Setiap doa dan dzikir terasa semakin murni. Tanpa ada gangguan pikiran. Membuat kita semakin rileks.
Kita hidup di dunia ini harus selaras dengan makhluk hidup yang lain. Kita harus saling menjaga, merawat, dan menyayangi. Terutama untuk manusia yang telah diciptakan sebagai kholifah. Manusia harus mampu menyelaraskan setiap unsur kehidupan. Termasuk manusia dengan alam. Jika kita senantiasa menjaga, merawat, dan menyayangi alam, niscaya alam akan memberikan kita sumber daya yang sangat berguna bagi kehidupan kita semua. Alam akan menjadi tempat tinggal yang sangat nyaman dan bersahabat dengan manusia. Jika kita sebagai manusia bisa menjaga amanah Tuhan untuk menjaga dan merawat alam, niscaya nikmat yang tak terkira akan senantiasa Allah limpahkan kepada kita semua.
Lima Artikel/Brosur Terbaik
Artikel pertama yaitu artikel/brosur yang berjudul “Bersyukurlah! Manusia itu Hamba Allah dan Khalifah-Nya”. Dalam artikel/brosur ini dijelaskan kelebihan manusia sebagai ciptaan-Nya dibandingkan dengan ciptaanNya yang lain. Hal itu membuat kita sadar bahwa manusia harus bersyukur karena diciptakan menjadi hamba dan khalifah-Nya.
Yang kedua, artikel/brosur berjudul “Problem Dasar Manusia, Krisis Spiritual dan Solusinya”. Dalam brosur ini, dijelaskan bahwa manusia banyak mengalami permasalahankehidupan. Hal itu karena manusia mengalami krisis spiritual dan dalam brosur ini pun diberikan solusinya agar manusia dapat keluar dari problematika hidup itu.
Yang ketiga adalah artikel/brosur yang berjudul “Perjuangan Mencari dan Menemukan Allah ”. Brosur ini memaparkan mengenai bahwa pengetahuan tentang Allah bisa diperdalam sampai tak terbatas sehingga kita sebagai hambaNya harus mencari dan menemukan Allah.
Yang keempat, artikel/brosur berjudul “Manfaat dan Pentingnya Tahu, Kenal, Dekat, Bertemu Allah, dan Menjadi Kekasih Allah”. Brosur ini menjelaskan survei-survei mengenai apa yang manusia ketahui tentang Allah dan solusi agar dapat mengenal Allah lebih dekat lagi.
Yang kelima, artikel/brosur yang berjudul “Ada Hubungan Apa Manusia dengan Allah?”. Isi brosur ini menjelaskan pertanyaan-pertanyaan mengenai apa saja aktifitas Allah dan jika wujud Allah itu nyata apakah manusia bisa lebih dekat mengenal Allah? Serta dalam brosur ini juga dijelaskan mengenai upaya untuk mengenalkan, mendekatkan, dan mempertemukan manusia dengan Allah.


0 komentar:

Posting Komentar